V I S I

“Terwujudnya pelayanan ¬†pemerintahan umum yang aman dan responsif”

Untuk merealisasikan maksud dan tujuan sebagaimana yang tertuang dalam visi tersebut, maka setiap karyawan Kecamatan Bontoala dan stake holder harus mampu memahami makna dari visi tersebut sebagai berikut :

Pelayanan Umum: Sebagai unit wilayah terbesar kedua setelah kelurahan yang membantu Walikota Makassar dalam penyelenggaraan pembangunan, pemberdayaan pemerintahaan, keamanan dan ketertiban umum, senantiasa mengedepankan koordinasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan pembangunan daerah di antara Satuan Kerja Perangkat Daerah dan masyarakat, berupa:

  1. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  2. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum
  3. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan
  4. Mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum
  5. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan
  6. Membina penyelenggaraan pemerintahan kelurahan
  7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan kelurahan.

Aman: Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, kecamatan mengedepankan pelibatan masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi lingkungan yang kondusif serta senantiasa melakukan koordinasi para aparat keamanan.

Responsif: Dalam pelaksanaan pembangunan di kecamatan senantiasa merespon dengan baik keluhan masyarakat dan saran masyarakat dalam menfasilitasi penyediaan prasarana dan pelayanan umum untuk kepentingan masyarakat.


M I S I

Untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan dalam lima tahun kedepan (2014-2019) yang bertumpu pada potensi dan sumber daya yang dimiliki serta ditunjang oleh semangat kebersamaan, tanggungjawab yang optimal dan proporsional, maka misi Kecamatan Bontoalaadalah :

  1. Meningkatkan pelayanan prima kecamatan terhadap seluruh lapisan masyarakat;
  2. Mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peran serta masyarakat;
  3. Melakukan koordinasi dalam menyelenggarakan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa;
  4. Melakukan  pembinaan kerukunan hidup beragama;
  5. Melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum beserta para penegak hukum;
  6. Melakukan koordinasi kegiatan instansi pemerintah, pembinaan administrasi kelurahan dan pembinaan administrasi kependudukan;
  7. Mengoordinasikan pemeliharaan prasarana umum.